Bisnis Indonesia - bisnis.com
Minggu, 28 Mei 2017

Makam Pakualam IX Sudah Disiapkan Sejak 3 Tahun Lalu

Holy Kartika N.S. Sabtu, 21/11/2015 17:02 WIB
Makam Pakualam IX Sudah Disiapkan Sejak 3 Tahun Lalu
Para pelayat menunaikan salat jenazah untuk mendiang Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo (KGPAA) Paku Alam IX di Dalem Agung, Kompleks Pura Pakualaman, Yogyakarta, Sabtu (20/11/2015).
Harian Jogja/Desi Suryanto

Bisnis.com, KULONPROGO - Pakualam IX sudah menyiapkan liang lahat sejak tiga tahun lalu di Astana Girigondo yang berlokasi di Desa Kaligintung, Temon, Kulonprogo.

Wakil Gubernur itu akan dimakamkan di samping istrinya, Gusti Kanjeng Bendoro Raden Ayu Adipati Pakualam atau BRAy Kusumarsini.

Juru Kunci Makam Girigondo Mas Wedana Wasiluddin menuturkan, pihaknya telah mendapat kabar wafatnya Pakualam IX pukul 15.30 WIB. Beberapa persiapan mulai dilakukan, namun masih menunggu istruksi dari Kraton Pakualaman.

"Sekarang hanya menyiapkan beberapa saja. Masih menunggu dari Kraton. Kalau liang lahat sudah siap sejak tiga tahun lalu," ujar Wasiluddin saat dihubungi, Sabtu (21/11/2015).

Wasiluddin memaparkan, sejak tiga tahun lalu Paku Alam IX sudah menyiapkan liang lahat. Ada beberapa pilihan lokasi di kompleks pemakaman Girigondo yang dipilih Wagub.

"Sempat ada beberapa pilihan, tapi akhirnya lokasi yang dipilih di dekat makam istrinya. Makamnya sejajar dengan istrinya, dan berada tidak jauh dari Masjid Pura Pakualaman Girigondo," ungkap Wasiluddin.

Sesuai tradisi, usai disemayamkan di Jogja, jenazah nantinya akan disemayamkan di Masjid Pura Pakualaman Girigondo. Prosesi itu tertutup untuk umum, namun biasanya banyak warga yang akan datang untuk mendoakan. Kemudian ada beberapa upacara yang akan dilakukan.

Lokasi makam yang akan menjadi tempat peristirahatan terakhir Wakil Gubernur DIY itu akan terpisah dari makam Paku Alam V hingga Paku Alam VII. Dikatakan Wasiluddin, lokasinya memang agak lebih di atas. Sedikitnya ada 19 orang yang akan dikumpulkan untuk prosesi pemakaman yang rencananya akan dilakukan hari ini, Minggu (22/11/2015).

"Kami masih menunggu perkembangan dan instruksi dari Kraton. Namun, pembagian tugas sudah dilakukan," jelas Wasiluddin.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...