Bisnis Indonesia - bisnis.com
Kamis, 27 Juli 2017

200 Topeng Dipamerkan Di Museum Sonobudoyo

Sunartono Jum'at, 20/11/2015 12:10 WIB
200 Topeng Dipamerkan di Museum Sonobudoyo
ilustrasi
Antara

Bisnis.com, JOGJA – Pameran bertajuk The Power of Topeng bakal digelar di Museum Sonobudoyo, Jogja pada Jumat (20/11/2015) hari ini hingga Minggu (29/11/2015) pekan depan.

Ratusan topeng heritage dan kontemporer dipertontonkan dalam pameran skala besar yang digelar para pegiat seni asal ISI Yogyakrta itu.

Panitia The Power of Topeng Agung menjelaskan, sedikitnya 200 topeng bakal dipamerkan. Topeng itu terdiri atas topeng warisan budaya dan topeng kontemporer.

Khusus topeng warisan cagar budaya sekitar 92 unit topeng koleksi Museum Sonobudoyo dan 20 unit topeng koleksi Keraton Jogja akan ikut mengisi gelaran itu. Sisanya merupakan topeng kontemporer yang kerap dipakai sejumlah seniman seperti topeng yang dipakai penari kawakan, Didik Nini Thowok.

“Topeng kontemporer itu seperti jenis topeng yang tidak hanya dipakai untuk menari saja tapi juga untuk kegiatan seni yang lain. Kalau untuk menari biasanya untuk tarian kontemporer,” terangnya kepada Harian Jogja melalui sambungan telepon, Kamis (19/11/2015) malam.

Dalam gelaran yang dikuratori oleh Prof. I Wayan Dana tersebut, juga menampilkan berbagai topeng lainnya seperti yang biasa dipakai Tedjo Badut serta karya kriya lain. Paling spesial, acara ini juga didukung oleh Diego yang juga seorang pegiat seni asal Spanyol yang fasih berbahasa Indonesia.

“Besok sudah dibuka. Masyarakat bisa menyaksikan berbagai koleksi topeng itu dan ada beberapa acara pendukung lain seperti video mapping,” ujar Agung.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...