Bisnis Indonesia - bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

UPN Jogja Coba Kembangkan Bioetanol Berbahan Sorgum

Joko Nugroho Jum'at, 20/11/2015 14:46 WIB
UPN Jogja Coba Kembangkan Bioetanol Berbahan Sorgum
Tanaman sorgum.
Antara

Bisnis.com, SLEMAN – Kebutuhan energi terus meningkat sejalan dengan pekembangan jumlah penduduk. Ketergantungan dunia pada sumber energi fosil masih sangat tinggi sedangkan cadangan energi semakin menipis.

UPN “Veteran” Yogyakarta (UPNVY) mencoba mengembangkan kebutuhan energi dengan sumber energi terbarukan, seperti bioenergi. Salah satu yang sedang diseriusi UPNVY adalah bahan bakar bioetanol dari bahan dasar batang sorgum.

Ketua Tim Peneliti Bioetanol Sorgum, Darban Haryanto mengatakan pengembangan bahan bakar alternatif pengganti bensin ini merupakan kerjasama dengan Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) RI.

“Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak, dan bahan baku industri. Saat ini kami sedang kembangkan jadi bahan bakar bioetanol,” kata Darban di Kampus UPNVY, Kamis (19/11/2015).

Darban mengatakan sejauh ini pihaknya telah berhasil mengolah batang pohon sorgum manis untuk bioetanol. Saat ini dalam proses pengembangan dan uji coba untuk digunakan.

“Sejauh ini kami berhasil mengembangkan bioetanol dengan memproses batang pohon sorgum manis. Bioetanol yang kami hasilkan sudah mulai diujicobakan pada mesin penggiling dan hasilnya mesin tersebut dapat berjalan tanpa masalah,” kata Darban.

Darban mengatakan proses dari batang sorgum manis sampai menghasilkan bioetanol memakan waktu seminggu. Tetapi bioetanol yang dihasilkan belum maksimal.

“Prosesnya sendiri batang sorgum diolah untuk diambil niranya. Nira batang sorgum itulah yang nantinya difermentasi dan mendapat perlakuan destilasi hingga akhirnya menghasilkan bioetanol sebagai pengganti bensin,” jelas Darban.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...