Bisnis Indonesia - bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Begini Cara Berinternet Sehat Bersama Anak

Nina Atmasari Jum'at, 20/11/2015 06:24 WIB
Begini Cara Berinternet Sehat Bersama Anak
ilustrasi
bisnis.com

Bisnis.com, JOGJA- Jaringan internet tidak hanya dibutuhkan untuk mencari bermacam informasi, tetapi juga digunakan sebagai sarana hiburan. Lalu, bagaimana kebutuhan seorang anak dalam menggunakan internet?

Salah seorang guru di Olifant Jogja, Deasy Natalina menjelaskan, kebutuhan internet rupanya tidak hanya milik orang dewasa. Anak-anak juga memiliki kebutuhan untuk mengakses internet.

“Itu dilakukan, misalnya untuk mengerjakan tugas sekolah dan mencari informasi tertentu ketika belajar,” kata Deasy melalui rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (18/11/2015).

Menurutnya, internet merupakan sumber informasi yang luas. Dengan membuka situs-situs pencarian, anak-anak bisa mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Selain itu, internet juga merupakan media yang sangat menghibur. Melalui situs Youtube dan semacamnya, anak-anak dapat menyaksikan animasi maupun film kesukaan mereka.

Meski begitu, dia memberi catatan ada kelebihan dan kekurangan penggunaan internet bagi anak. Umumnya, kata Deasy, orang dewasa cenderung memberikan anak-anak kesempatan menggunakan internet.

“Namun, perlu berhati-hati mengenai penggunaan internet bagi anak-anak. Hal ini dikarenakan munculnya beberapa sisi negatif penggunaan internet seperti kecanduan game online,unsur kekerasan, pornografi dan unsur negatif lainnya,” katanya.

Untuk itu, orangtua diharapkan cerdas menggunakan internet bersama anak. Orang tua, kata Deasy, perlu mendampingi anak saat menggunakan internet. Ini dilakukan agar anak dapat mengambil manfaat dari internet itu sendiri.

“Orangtua dapat menunjukkan kepada anak-anak manfaat penggunaan internet yang tepat bagi mereka. Misalnya, untuk mencari informasi yang digunakan dalam belajar, seperti belajar matematika ataupun bahasa Inggris secara online, melihat video tentang kehidupan flora fauna di dunia, mencari lembar mewarnai dan sebagainya,” ucapnya.

Orangtua juga bisa menggunakan program-program filter sehingga akses internet dapat terbatasi untuk situs-situs yang aman saja. Deasy mengingatkan, orangtua wajib mendampingi dan membekali nilai-nilai moral kepada anak-anak.

“Ini penting dilakukan agar anak-anak dapat mulai belajar, apa yang perlu diikuti dan yang tidak, terutama berhubungan dengan penggunaan internet ini,” tuturnya.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...