Bisnis Indonesia - bisnis.com
Minggu, 28 Mei 2017

KRISIS SURIAH : Angkatan Laut Rusia Gandeng Induk Prancis Perangi ISIS

Amiruddin Zuhri Kamis, 19/11/2015 19:45 WIB
KRISIS SURIAH : Angkatan Laut Rusia Gandeng Induk Prancis Perangi ISIS
Presiden Rusia Vladimir Putin
Reuters

Bisnis.com, MOSKWA-Presiden Vladimir Putin juga memerintahkan kepada Komando Kapal Penjelajah Moskva Angkatan Laut Rusia yang ada di Laut Mediterania agar bekerjasama dengan Induk Prancis yang berencana digerakkan untuk menambah kekuatan misi anti-ISIS.

“Sebuah gugus tugas kapal induk Prancis segera mendekati daerah Anda. Anda segera membangun kontak langsung dengan rekan-rekan Prancis dan bekerja sama dengan mereka sebagai sekutu,” begitu Putin.

Dia menegaskan Moskva yang merupakan penjelajah terbesar milik Armada Laut Hitam Rusia untuk bekerjasama dengan Prancis layaknya sekutu. Padahal selama ini Moskow dan Paris kerap terlibat dalam perang kata-kata tajam terkait ketegangan di Eropa Timur. Bahkan Prancis telah membatalkan pengiriman dua kapal serbu amfibi kelas Mistral yang dipesan Rusia karena masalah tersebut.

Dilaporkan juga Kapal Induk Amerika Harry S. Truman yang sedang dalam perjalanan menuju misi serangan ke ISIS kemungkinan juga akan meluncurkan serangan udara dari Mediterania. Itu artinya akan bergabung dengan kapal induk Prancis dan armada Laut Hitam Rusia yang juga dikerahkan ke wilayah ini.

Komando Angkatan Laut Amerika di Eropa, Komando Pusat dan Kantor Menteri Pertahanan sebagaimana dilaporkan Defense News telah membahas kemungkinan tetap mempertahankan kapal induk tersebut beberapa hari di Mediterania.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...