Bisnis Indonesia - bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Australia & Indonesia Kerja Sama, Keuntungan Capai US$3 Triliun

Abdul Hamied Razak Rabu, 18/11/2015 10:17 WIB
Australia & Indonesia Kerja Sama, Keuntungan Capai US$3 Triliun
Menteri Perdagangan Australia Andrew Robb (tengah) saat jumpa pers di Kepatihan Jogja, bersama Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X (kanan) untuk membahas kerjasama dibeberapa bidang, Selasa (17/11/2015)
Harian Jogja/Hamied Abdul Razak

Bisnis.com, SLEMAN-Saat menutup kegiatan Indonesia Australia Business Council (IABC) Business Conference yang digelar di Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Selasa (17/11/2015), Menteri Perdagangan dan Investasi Australia, Andrew Robb mengatakan, hubungan kerjasama di bidang ekonomi antara Indonesia dan Australia cukup besar. Dia bahkan memperkirakan potensi kerja sama dalam bidang ekonomi antarkedua negara meraup US$3 triliun.

Menurut Robb, Australia berkomitmen untuk membangun hubungan perdagangan dan investasi yang berkelanjutan dengan Indonesia. Pendekatan yang sama juga dilakukan pemerintah Australia untuk membangun ikatan kesepakatan perdagangan dan investasi dengan China, Jepang dan Korea.

"Termasuk Kesepakatan Perdagangan Bebas Asean-Australia-Selandia Baru, Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional, dan Kemitraan Trans-Pasifik," katanya.

Ketua Ekonom ANZ untuk Asia Selatan, Asean dan Pasifik, Glenn Maguire menjelaskan, secara ekonomi posisi Indonesia di mata Australia cukup vital. Potensinya tidak jauh berbeda dengan potensi perdagangan sekitar US$4 triliun antara negara Asean dan China.

"Kerjasama antara Australia dan Indonesia untuk mewujudkan keuntungan kedua negara," katanya.

Dia menjelaskan, ada empat sektor dimana Australia dan Indonesia secara komparatif memiliki keuntungan untuk menciptakan kerjasama di bidang ekonomi. Sektor tersebut meliputi pemprosesan makanan, logistik, produk ternak dan tekstil (pakaian jadi).

"Dengan kerjasama yang saling menguntungkan dan melengkapi antara Indonesia dan Australia selama ini, akan memungkinkan kedua negara untuk terus melakukan pengembangan bersama. Termasuk menghadapi tantangan ke depan," katanya.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...