Bisnis Indonesia - bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Amankan Perairan Asia Tenggara, AS Janjikan US$259 Juta

Mediani Dyah Natalia Rabu, 18/11/2015 06:19 WIB
Amankan Perairan Asia Tenggara, AS Janjikan US$259 juta
Ilustrasi
Bisnis.com

Bisnis.com, MANILA - Amerika Serikat (AS) akan memberikan US$259 juta kepada negara sekutunya di Asia Tenggara. Bantuan ini diberikan untuk keamanan laut, utamanya lantaran Beijing berupaya membangun di Laut Tiongkok Selatan, Selasa (17/11/2015).

Janji mengenai bantuan AS kepada Filipina, Vietnam, Indonesia dan Malaysia itu muncul tak lama setelah Presiden AS Barack Obama tiba di Manila menjelang pertemuan petinggi Asia-Pasifik.

AS bertekad mengeluarkan US$119 juta pada tahun anggaran ini, sementara US$140 juta lagi disiapkan pada 12 bulan berikutnya.

"Kami akan meningkatkan kemampuan keamanan laut sekutu dan mitra kami dalam menanggapi ancaman di perairan pantai negara mereka dan untuk memberikan keamanan laut lebih luas di seluruh wilayah itu," kata pernyataan tersebut.

Filipina, sebagai salah satu negara sekutu AS paling setia di Asia dan salah satu negara yang mengkritik paling keras atas tindakan Tiongkok di Laut Cina Selatan, akan mendapatkan bantuan paling besar.

Filipina akan menerima bantuan dengan rekor US$79 juta untuk membantu meningkatkan keamanan maritim. AS akan menghibahkan Filipina sebuah kapal patroli "US Coast Guard" (USCG) jenis cutter.

Sebelumnya, Filipina memperoleh dua kapal patroli USCG serupa pada 2011 dan 2013, yang menjadi kapal perang terbaik dari negara dengan pendanaan termiskin pada Angkatan Laut-nya. Ketentuan kesepakatan AS yang menyediakan kapal jenis cutter terbaru ini tidak dijelaskan dalam pernyataan.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...