Bisnis Indonesia - bisnis.com
Selasa, 21 November 2017

Pohon Berusia Ratusan Tahun Ambruk Menimpa Gereja

Uli Febriarni Selasa, 17/11/2015 14:07 WIB
Pohon Berusia Ratusan Tahun Ambruk Menimpa Gereja
PANGGANG-Pohon beringin yang ambruk karena diterjang angin kencang dan diduga akar yang juga sudah lapuk, di Mendak, Girisekar, Panggang, pada Senin (16/11/2015).
Harian Jogja/Uli Febriarni

Bisnis.com, GUNUNGKIDUL-Pohon beringin di Dusun Mendak, Desa Girisekar, Kecamatan Panggang, ambruk diterjang angin kencang, Senin (16/11/2015) dini hari, sekitar pukul 02.30 WIB. Beruntung, meskipun pohon menimpa sebuah gereja, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Hanya saja sebagian pagar gereja, mengalami kerusakan. Selain itu, tiang listrik tegangan tinggi, juga rusak akibat tertimpa sebagian dahan pohon yang tumbang.

Ambruknya pohon beringin berumur ratusan tahun yang berukuran cukup besar ini, menyebabkan arus lalu lintas Paliyan-Panggang lumpuh dalam beberapa saat. Pasalnya, tubuh pohon melintang jalan. Selain itu dalam beberapa jam, listrik wilayah itu juga padam.

Salah seorang warga setempat, Sumadi menduga, ambruknya pohon beringin ini tidak hanya karena angin yang bertiup kencang, tetapi juga sebagian akar pohon itu sudah lapuk. Saat ambruk, pohon ini menimbulkan suara yang cukup keras dan jelas.

"Beberapa warga sekitar yang malam itu tengah tidur pilas langsung terbangun dan melihat pohon beringin itu sudah tumbang, bahkan sebagian akarnya ikut tercabut," urainya, Senin.

Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Gunungkidul, Agus Triyanto mengatakan, sudah mengerahkan beberapa anggotanya untuk melakukan evakusai pohon yang ambruk itu.

“Karena pohon berukuran cukup besar, maka proses evakuasi berjalan beberapa jam. Dibantu puluhan warga, pohon berhasil disingkirkan dan arus lalu lintas Paliyan- Panggang, kembali normal," terangnya.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...