Bisnis Indonesia - bisnis.com
Minggu, 17 Desember 2017

Ini Wilayah Di Jogja Yang Terjangkau Jaringan 4G LTE Telkomsel

Abdul Hamied Razak Senin, 16/11/2015 12:09 WIB
Ini Wilayah di Jogja yang Terjangkau Jaringan 4G LTE Telkomsel
Ilustrasi
Bisnis.com

Bisnis.com, JOGJA- Jaringan 4G LTE Telkomsel hadir di Jogja. Perusahaan operator seluler itu menjanjikan mobile broadband terbaik dan tercepat untuk mendukung gaya hidup digital di kota ini, terutama di segmen anak muda.

Jika tahun ini hanya 14 kota yang dilengkapi dengan jaringan 4G, tahun depan Telkomsel menambah 30 kota lagi di Indonesia. Tidak hanya itu, operator seluler terbanyak di Indonesia itu juga menargetkan pengguna 4G yang paling besar. Hingga November tercatat 1,8 juta pengguna 4G Telkomsel.

"Sampai akhir tahun ini kami targetkan 2 juta pelanggan, sementara tahun depan kami targetkan memiliki 8 juta pelanggan," Kata Direktur Utama Telkomsel, Ririek Adriansyah saat launching Telkomsel 4G di Baleresto Jogja, Sabtu (14/11/2015).

Dia mengatakan, trafik penggunaan layanan data di Jogja pada kuartal III-2015 mengalami kenaikan 160% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini menunjukkan bahwa mobile digital lifestyle telah menjadi bagian dari keseharian masyarakat.

Layanan Telkomsel 4G LTE menurutnya mampu memberikan akses data lebih cepat sehingga akan membantu meningkatkan produktivitas pelanggan.  

“Banyak anak muda dengan kreativitas tinggi di sini. Infrastruktur jaringan 4G LTE dari Telkomsel ini kami harap bisa menunjang kreativitas itu. Bahkan layanan bagi turis yang datang karena sudah terkoneksi roaming internasional dengan 30 negara,” kata Ririek

Layanan Tekomsel 4G LTE di Jogja beroperasi di frekuensi 1800 MHz menggunakan pita selebar 10 MHz dengan  kecepatannya mencapai 75 Mbps. Sehingga, kata Ririek, layanan mobile broadband-nya lebih cepat dan stabil.

Jogja menjadi kota kesepuluh yang sudah ter-cover jaringan 4G LTE Telkomsel. Dalam tahap awal ini, jaringan tersebut hadir di Kota Jogja dan Sleman, yakni di lokasi-lokasi strategis seperti areal kampus UGM, UNY, UIN, UPN, UKDW, kawasan Malioboro, keraton, bandara, perumahan, café, jalan protokol, hingga pusat perbelanjaan.

Ririek mengatakan, saat ini Telkomsel memiliki sekitar 55% pelanggan data dari total pelanggan di Jogja. Adapun sekitar 45.000 ribu pelanggan Telkomsel di Jogja tercatat telah menggunakan handset (ponsel) 4G.

Hanya saja, tambah Ririek, mereka selama ini masih berjalan di jaringan 3G. Hal ini tentunya menjadi potensi yang bagus bagi Telkomsel untuk terus mengembangkan jangkauan jaringan barunya itu.

Sementara itu, EVP Telkomsel area Jawa-Bali, Yetti Kusumawati mengatakan, penempatan BTS akan lebih menyebar dan akan ada 50 BTS lagi di awal tahun.

Hingga akhir tahun ini, pihaknya masih akan memantau penetrasi pasar dari jaringan 4G LTE Telkomsel tersebut. Apalagi, sebagian pelanggan juga masih mennggunakan SIM card lama meski perangkatnya mendukung 4G.

“Penggunaan data di sini mencapai 250 Terabyte per hari, cukup besar. Itupun terus mengalami pertumbuhan sekitar 9% per bulan. Penggunaan data terus tumbuh lebih tinggi dibanding layanan SMS dan voice,” kata dia.

Ini Wilayah di Jogja yang Terjangkau Jaringan 4G LTE Telkomsel

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...