Bisnis Indonesia - bisnis.com
Sabtu, 23 September 2017

KPU Bantul Siapakan Debat Paslon Pilkada

Arief Junianto Rabu, 04/11/2015 17:34 WIB
KPU Bantul Siapakan Debat Paslon Pilkada
ilustrasi
JIBI

Bisnis.com, BANTUL-Sebagai bagian dari agenda kampanye Pilkada Bantul 2015, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul akhirnya memastikan agenda debat publik kedua pasangan calon (paslon). Ketua Komisioner KPU Bantul Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih, Titik Istiyawatun Khasanah mengatakan, pihaknya menjadwalan acara debat publik itu selama tiga hari, yakni 19 November, 26 November dan 3 Desember.

Pemilihan tanggal itu sejatinya sudah ditetapkan oleh KPU Bantul sejak awal. Hanya saja, sejauh ini pihaknya memang belum memastikan teknis penyelenggaraannya. Dijelaskannya, selama tiga hari itu, masing-masing memiliki teknis penyelenggaraan yang berbeda-beda. Di tanggal 19 November, debat publik akan melibatkan masing-masing Calon Bupati (cabup), 26 November akan melibatkan masing-masing Calon Wakil Bupati (Cawabup), dan tanggal 3 Desember akan melibatkan masing-masing pasangan calon (paslon).

Dikatakannya, ketiga acara debat publik itu rencananya akan disiarkan oleh stasiun televisi lokal agar bisa terjangkau merata oleh seluruh masyarakat Bantul. Sementara untuk lokasi acaranya, KPU Bantul diakuinya masih melakukan kajian lebih jauh, apakah akan digelar di studio TV yang bersangkutan ataupun di luar studio. Lebih jauh, guna mempertajam materi debat publik itu, diakuinya, KPU Bantul sudah menghubungi sejumlah moderator, dewan pakar dan stakeholder.

Dalam waktu dekat berbagai pihak terkait akan diundang untuk menyamakan persepsi, termasuk Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) Bantul yang juga diajak untuk merancang materi debat. "Ini penting. Agar persepsi kita sama," katanya saat dihubungi wartawan, Rabu (4/11) siang.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...