Bisnis Indonesia - bisnis.com
Selasa, 21 November 2017

DPT Pilkada Bertambah 604 Nama

Uli Febriarni Rabu, 28/10/2015 17:25 WIB
DPT Pilkada Bertambah 604 Nama
ilustrasi
JIBI

Bisnis.com, WONOSARI-Jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pilkada 2015 Kabupaten Gunungkidul mengalami penambahan sebanyak 604 dari total DPT yang sebelumnya yaitu 617.599. Dengan tambahan tersebut, total pemilih dalam Pilkada 9 Desember 2015 mendatang berjumlah 618.203.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gunungkidul, Zainuri Iksan pada Rabu (28/10/2015) mengatakan jumlah 604 nama ini muncul setelah pihaknya melakukan pengecekan ulang. Dari data DPT yang ditetapkan pada Jumat (2/10) lalu, petugas di lapangan masih menemukan warga yang belum terakomodasi sebagai pemilih.

Petugas di lapangan kemudian langsung menindaklanjutinya dengan melakukan rekapitulasi ulang. Hasilnya dari 232 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 73 desa, masih ditemukan ada pemilih yang belum masuk dalam DPT sehingga diakomodasi dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb).

"Masih adanya data pemilih yang tercecer ini disebabkan oleh beberapa faktor. Misalnya kesalahan pengisian identitas jenis kelamin dalam DPS, selain itu juga ada beberapa warga yang masuk dalam DPS namun tidak masuk ke dalam DPT. Akibatnya, saat dimasukkan ke dalam sistem, datanya tidak muncul sehingga warga tersebut tidak terakomodasi dalam DPT," ungkapnya usai rapat pleno yang diselenggarakan oleh KPU Kabupaten Gunungkidul di kantor KPU, Rabu. Rapat dihadiri oleh seluruh komisioner KPU Kabupaten Gunungkidul, perwakilan KPU DIY, PPK serta perwakilan dari masing-masing pasangan calon peserta Pilkada Gunungkidul.

Zainuri menambahkan, dengan ditetapkannya DPTb ini diharapkan data pemilih pilkada Kabupaten Gunungkidul benar-benar sudah valid. Meski demikian, jika di lapangan masih ditemukan adanya warga yang belum tercover dalam DPT dan DPTb, KPU masih memberikan kesempatan untuk menggunakan hak pilihnya, dengan menggunakan KTP atau surat keterangan yang dikeluarkan oleh Disdcukcapil, saat datang ke TPS.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...