Bisnis Indonesia - bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Geng Pelajar Kumpulkan Anggota Via BBM Untuk Buru Musuh

Sunartono Selasa, 13/10/2015 07:29 WIB
Geng Pelajar Kumpulkan Anggota Via BBM untuk Buru Musuh
Anggota geng pelajar saat diberikan pengarahan dan wajib lapor di Mapolsek Sleman, Senin (12/10/2015).
Harian Jogja/Sunartono

Bisnis.com, SLEMAN - Kenakalan remaja terjadi di Jalan Turi, Kepitu, Trimulyo, Sleman saat Senin (12/10/2015) dinihari. Petugas Polsek Sleman pun meringkus 17 anggota geng pelajar yang mengeroyok pengguna jalan ketika melintas di kawasan tersebut.

Dari 17 remaja itu, 10 di antaranya pelajar aktif dan sisanya alumni berasal dari empat sekolah di Sleman. Dua diantara mereka yang masih aktif sebagai pelajar yaitu WL, 17, dan DN, 18, ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus tersebut. Pada Senin (12/10/2015) kemarin mereka dikumpulkan di Mapolsek Sleman untuk menjalani wajib lapor dan pengarahan.

Alumnus sangat berperan dalam mendukung aksi tawuran. Salah satu remaja yang ditangkap adalah SH, 18, merupakan alumnus salah satu SMK di Pakem. SH mengaku mendapatkan pesan berantai melalui blackberry messenger yang berisi ajakan tawuran. Dalam pesan itu menyebutkan lokasi titik kumpul di salah satu warung burjo Jalan Kaliurang, Sleman. Pesan itu juga menyebar ke teman-temannya sesama alumni.

"Saya hanya ikut-ikutan saja, menjadi penggembira karena sesama teman," ungkap SH saat ditemui di Mapolsek Sleman, Senin (12/10/2015).

SH mengakui, sesampai di tempat yang sudah ditentukan, ada beberapa remaja yang lebih dahulu mengonsumsi miras.

"Tapi saya tidak ikut ," ujarnya.

Barulah kemudian mengendarai motor beramai-ramai untuk mencari musuh dengan sasaran pelajar salah satu SMA di Ngemplak. Tetapi setelah lama berputar sasaran tak ditemukan, gerombolannya terus berjalan. Setibanya di kawasan Kepitu, Trimulyo, Sleman mengeroyok penguna jalan. SH berdalih tak begitu jelas kronologi pengeroyokan itu terjadi.

"Saya tidak ikut memukul, saya di belakang, tiba-tiba langsung ramai," kata dia.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...