Bisnis Indonesia - bisnis.com
Rabu, 18 Oktober 2017

Ikuti Festival Keagamaan. 27 Orang Tewas Di India

Tim JIBI Kamis, 16/07/2015 01:46 WIB
Ikuti Festival Keagamaan. 27 Orang Tewas di India
Ilustrasi Konflik
British Council

Bisnis.com, NEW DELHI—Festival keagamaan di Andhra Pradesh, India diwarnai kerusuhan saat warga berebut untuk mandi di Sungai Godavari. Sedikitnya 17 orang tewas dan 40 lainnya luka-luka dalam insiden ini.

Festival Godavari Maha Pushkaralu ini merupakan festival agama Hindu yang digelar setiap 144 tahun sekali. Festival ini digelar di bantaran sungai suci Godavari dan warga bisa memanjatkan doa selama 12 hari ke depan. Seperti dilansir Reuters, Selasa (14/7/2015), insiden ini terjadi pada hari pertama festival ini digelar. Polisi memperkirakan ada lebih dari satu juta orang yang hadir saat kerusuhan terjadi.

Kerusuhan berawal ketika seorang pengunjung wanita terjatuh saat sedang antre bersama kerumunan massa yang hendak masuk ke gerbang bantaran sungai Godavari. Situasi semakin kacau karena pengunjung terlibat aksi saling dorong saat berdesak-desakan.

Disampaikan Wakil Kepala Kepolisian Distrik Rajahmundry, B Ramakrishna, sebanyak 26 wanita dan satu pria tewas dalam insiden ini. Sedangkan 40 orang lainnya mengalami luka-luka.

Atas insiden ini, Perdana Menteri Narendra Modi menyampaikan duka cita mendalam bagi korban dan keluarganya.

"Merasa sangat sedih atas hilangnya banyak nyawa akibat kerusuhan di Rajahmundry. Belasungkawa saya bagi keluarga korban tewas dan doa saya bagi korban luka," ucapnya.

Sedangkan Kepala Menteri Andhra Pradesh, Chandrababu Naidu mengumumkan kompensasi masing-masing satu juta rupee atau setara Rp210 juta untuk setiap keluarga korban tewas. Naidu juga memerintahkan pengerahan lebih banyak polisi di lokasi festival untuk mengatur massa yang datang.

Lebih dari 150.000 polisi dan 171 kamera keamanan telah disiagakan di lokasi untuk memantau arus pengunjung festival. Namun tetap saja insiden tidak bisa dihindari. Otoritas setempat memperkirakan, total akan ada 40 juta pengunjung yang hadir dalam festival ini.

Apps Bisnis.com available on:    
Reader's Choice: Pilih Topik menarik untuk Diulas oleh Harian Bisnis Indonesia. Klik di sini!
Nikmati sajian berita terkini Bisnis Indonesia versi epaper DI SINI.
Nikmati Bonus Indonesia Business Daily (IBD) hingga 31 Oktober 2015. Informasi selengkapnya klik DI SINI.
more...